Apa Itu Voice Coil Speaker? Fungsi, dan Jenisnya

Awal mula berlangsungnya teknologi elektronika, audio adalah salah satu alat yang berguna sebagai hiburan secara konsisten yang berlangsung baik lewat stasiun radio, DVD, pemutar MP3, Youtube, dan banyak lagi.

Mengenal lebih dalam lagi khususnya speaker, ada sebuah komponen yang akan saya bahas lebih lanjut salah satunya yaitu 1 buah speaker yang didalamnya terdapat beberapa macam komponen.

Apa Itu Voice Coil Pada Sebuah Speaker

Voice coil adalah sebuah kumparan lilitan tembaga yang terdapat didalam tengah membran magnet berlubang secara peka tidak boleh bersentuhan nantinya akan bergetar apabila dialiri gelombang audio dari output komponen amplifier secara signifikan.

Dari hasil getaran itulah voice coil menyatu dengan daun speaker sehingga akan menimbulkan suara ketika bergetar. Getaran itu disesuaikan dengan input power amplifier yang diatur sampai berbunyi nyaring sesuai keinginan sampai diteruskan ke sebuah output speaker.

Fungsi dari Voice Coil Speaker

Beberapa penjelasan itu menghasilkan gambaran yang berarti bahwa fungsi voice coil adalah menggetarkan daun speaker yang sesuai dengan gelombang suara yang dihubungkan dari output power amplifier.

Supaya voice coil bisa bergetar, maka membutuhkan sebuah membran magnet yang dirancang sesuai tingkat sensitifitasnya.

Jenis Beberapa Voice Coil

Nampaknya ada banyak sekali komponen speaker yang bisa dibeli sesuai kebutuhan. Menurut saya saat ini nampaknya ada 2 jenis saja yang bisa kalian temukan yaitu voice coil tunggal dan double voice voil.

Voice Coil Tunggal

Voice coil tunggal adalah suatu kumparan voicel coil yang membutuhkan suplay aliran listrik (+) dan (-) 2 kabel biasanya terdapat pada speaker fullrange, woofer, dan subwoofer.

Voice Coil Double

Ini berarti adalah hasil dari modifikasi sepertinya hanya dirancang untuk audio mobil saja. Berarti voice coil double adalah perkembangan dari tunggal yaitu perlu 4 kabel supaya speaker double voice coil bekerja maksimal.
Advertisement