Cara Mengatasi Transistor Final Cepat Panas

Bagaimana kang, ada yang perlu ditambahkan melalui postingan ini kah, oke sepertinya ada yang perlu dimengerti ketika sedang memainkan musik sedangkan ada suatu masalah yang tidak kita sadari berawal dari memutar musik yang begitu keras sedangkan beberapa komponen seperti transistor final cepat panas apakah masalah ini bisa kita atasi? tentu bisa dilanjutkan bacanya.

Permasalahan yang menjadi penyebab mengapa transistor final cepat panas adalah adanya tidak keseimbangan antara driver amplifier dengan transistor final sehingga mengabitkan transistor final cepat panas. Berlawanan dari adanya hal ini adalah bisa di cek terlebih dulu beberapa kaki transistor final mungkin ada yang rusak sehingga transistor final cepat panas yang bisa mempengaruhi kinerja transistor final lainnya.

Mengatasi Transistor Final Cepat Panas

Atau jika kondisi transistor final baik-baik saja tetapi alangkah baiknya coba terapkan beberapa langkah ini untuk cara mengatasinya.

Tambahkan Heatsink: dengan heatsink adalah suatu komponen yang mampu mendinginkan transistor final secara continue. Pasangkan transistor final pada heatsink jangan lupa tambahkan kipas yang dihubungkan ke transformator.

Jauhkan Dari PCB: menjauhkan transistor final dari PCB juga berguna untuk mengurangi panas berlebihan ketika dioperasikan. Langkah menjauhkan TR final ini adalah mudah sekali cukup tambahkan kabel sekitar 10 cm sampai 40 cm masing-masing kaki transistor final dari PCB.

Volume Jangan Terlalu Keras: enak sekali bukan dengan musik yang diputar secara keras, jangan lupa ada yang rusak apalagi komponen yang dipakai adalah hasil oprekan abal-abalan saja. memutar volume secara keras juga berpengaruh dan menjadi penyebab transistor cepat panas.

Tambahkan Transistor Final Paralel: bila adanya kurang asupan daya dan setelah percobaan transistor final tetap panas, langkah terakhir adalah tambahkan transistor paralel yang nantinya dihubungkan ke PCB bisa menggunakan kabel 10cm sampai 40 cm sebagai pemecahan akhir.

Solusi Akhir

Setelah beberapa kali percobaan sama seperti yang sudah saya utarakan pada langkah-langkah diatas transistor final tetap panas juga, mendingan langsung bawa ke tukang service terdekat.

Bila ada laporan kerusakan bisa digantikan menjadi baru sesuai dengan tingkat kerumitan sirkuit driver amplifier.
Advertisement