Fungsi dari Transistor Final, Tujuan, dan Kegunaannya

Akhir-akhir ini tengah marak berkembangnya industri rental sound system. Dibalik itu, banyak sekali komponen amplifier yang menjual kit secara murahan dengan kualitas tidak diragukan lagi. Salah satu diantaranya adalah telah berpolulernya kit yang menggunakan transistor final. Sebelum melakukan pembelian, terlebih dulu kita paham apa itu fungsi dari transistor final? kalau ngak salah sih bisa saya artikan seperti ini.

Apa Fungsi Transistor Final

Adalah suatu komponen yang berfungsi untuk menambah daya listrik dari suplay komponen amplifier yang akan berguna ketika volume dibesarkan sehingga komponen transistor final ini nantinya akan menyesuaikan dengan kebutuhan daya listrik sirkuit komponen amplifier sebelumnya tanpa mengurangi kualitas audio input.

Hati-hati apabila transistor final daya watt terlalu kecil sehingga, ada solusi yang bisa dicoba yakni dengan menambah transistor sesuai kaki-kakinya atau bisa juga menggantinya dengan transistor yang memiliki daya watt lebih tinggi dari sebelumnya.

Tujuan Menambahkan Transistor Final Lagi

Penambahan transistor baru adalah tahap akhir supaya komponen transistor tidak cepat panas yang berakibat kerusakan dikarenakan konsumsi daya berlebihan ketika sebuah power amplifier dioperasikan sangat keras melebihi tegangan atau daya watt dari suatu transistor yang disematkan.

Sehingga menambahkan unit transistor baru kita cukup dengan menggandakan beberapa transistor dari sebelumnya dengan sambungan paralel yang sesuai dengan kaki B, C, dan E baik transistor PNP sampai NPN.

Kegunaan Transistor Final

Setelah pemahaman dari sebelumnya kegunaan transistor final ini tengah banyak berkembang kini menjadi beberapa kit amplifier yang membutuhkan banyak transistor final seperti OCL, Blazer, Subwoofer, dan banyak lagi.
Advertisement