Perbedaan Speaker Aktif dan Bluetooth

Kali ini kita akan membedakan antara speaker aktif dengan speaker bluetooth. Diawali waktu perkembangan speaker aktif, dulunya digunakan untuk speaker komputer rumahan. Sedangkan speaker bluetooth, dikhususkan untuk Hp beroperasi sistem Android sampai turunannya.

Kelanjutan dari perbedaan antara speaker aktif dan bluetooth, disini akan saya jelaskan cukup lengkap. Baca setelah ini apabila ada yang belum dimengerti.

Speaker Aktif

Disini akan saya gambarkan sedikit mengenai penjelasan dari speaker aktif bahwa speaker ini tidak memiliki pengaturan efek cukup hanya volume saja dan kebanyakan dilengkapi dengan subwoofer serta pemutaran musik (audio input) hanyalah jack aux versi 3.5 yang nantinya dihubungkan ke komputer.

Berkeinginan untuk mengatur efek dengan speaker aktif, kita perlu menginstall software tambahan yang berfungsi untuk mengatur audio input agar sesuai dengan tipe output speaker. Beberapa software terbaik dapat digunakan mulai dari winamp, aimp3, dan banyak lagi.

Rata-rata speaker aktif berjenis power amplifier mono dikarenakan agar mudah dipindahkan kemana-mana yang bermaksud praktis dengan suplay daya yang kecil dari catu daya 9 volt sampai 18 volt saja.

Speaker Bluetooth

Pertama kali punya speaker bluetooth adalah berjenis portable hal ini adalah hasil turunan speaker HP yang bisa dibawa kedalam tas dengan energi yang dibutuhkan adalah baterai rechargeable.

Kelebihan dari speaker bluetooth, kita dapat memainkan musik langsung dari HP seperti Android tanpa perlu menghubungkan kabel yakni dengan bluetooth wireless.

Keunggulan dari speaker bluetooth berdaya baterai adalah dapat beroperasi tanpa ketergantungan listrik PLN akan tetapi karena bentuknya yang kecil, speaker jenis ini kurang maksimal bila dioperasikan banyak orang.

Makanya sesuai kebutuhan saat ini telah berkembang speaker bluetooth besar kit power amplifier stereo yang sanggup sampai beradius 20 - 50 meter didengar telinga.

Hasil Perbedaan

Sesuai tingkat kegunaan yang dibutuhkan antara speaker aktif dan bluetooth, maka hasil perbedaan dari kedua speaker ini adalah speaker aktif didesain untuk sound sytem komputer saja yang membutuhkan energi listrik rumahan dan dibalik dari speaker bluetooth kemudahan yang dapat kita rasakan adalah berenergi baterai rechargeable yang dapat digunakan berulang-ulang.

Tipe pemutaran musik, speaker aktif membutuhkan kabel sedangkan speaker buetooth menggunakan tethering bluetooth wireless yang terhubung agar dapat memutar musik tanpa kabel.

Penutup

Bila memiliki komputer sampai laptop, speaker aktif unggul sebagai sound system beroperasi Windows. sedangkan speaker bluetooth adalah perlu HP untuk memutar musik dan umumnya adalah operasi sistem Android.

Demikian atas apa yang bisa saya sampaikan melalui postingan ini. Semoga bisa bermanfaat sebagai pertimbangan apabila ingin memiliki salah satu diantaranya. Terima kasih!
Advertisement