Perbedaan Suara Voice Coil Besar dan Kecil

Mengenal lebih dalam lagi seputar speaker, akan saya singgung sedikit dibagian spul yang berupa lilitan kawat tembaga ini bernama voice coil.

Voice coil ini berfungsi untuk menggetarkan daun speaker ketika dialiri gelombang suara yang bersumber dari output sebuah power amplifier yang sedang dioperasikan.

Letak dari voice coil ini, terdapat pada bagian lubang tengah speaker yang pinggirnya dilapisi magnet yang berguna untuk mengubah getaran menjadi suara yang begitu keras.

Pada pertemuan kali ini, perbedaan voice coil besar dan kecil akan menjadi pembahasan yang cukup panjang lebar. Selebihnya bisa dilanjutkan baca-baca dibawah ini.

Voice Coil Besar

Pengaruh dari voice coil besar, ini berarti bisa dilihat dari lilitan atau spesifikasi speaker diatas 8 inch yang bisa menghasilkan suara super keras sesuai dengan medan magnet.

Semakin banyak lilitannya, kemungkinan pula sensitifitas speaker ketika dibunyikan akan sangat peka sekali.

Keuntungan dari voice coil besar ini dapat menghemat daya listrik yang dibutuhkan oleh power ampli.

Akan tetapi suara serak menandakan bahwa voice coil yang dimodifikasi terlalu banyak. Untuk mengatasi hal ini boleh dicoba mengurangi lilitannya sekitar 20 - sampai 50 pada kumparan ketika  voice coil dilepas.

Voice Coil Kecil

Diantara kalian pasti pernah mempraktekkan hal ini. Voice coil kecil ini bisa dibilang lilitannya sedikit. Suara yang dihasilkan apabila voice coil kecil, suaranya sepertinya biasa-biasa saja.

Cuma daya listrik yang dibutuhkan untuk membunyikan speaker dengan voice kecil ini rasanya sangatlah besar.

Akan tetapi suara low menandakan bahwa voice coil ini kurang besar lagi. Jadi ketika ingin membunyikan suara subwoofer sepertinya kurang besar lagi lilitannya.

Penutup

Maka ketika pembelian hingga modifikasi speaker tepat pada bagian voice coil, usahakan seimbang dengan medan magnet serta jumlah lilitannya. wasalam!
Advertisement