Fungsi dari Speaker Protector

Beberapa hari yang lalu admin sempat menemukan beberapa masalah yang perlu dimengerti khususnya operator sound system. Salah satu diantaranya adalah ketika power ampli di on atau off akan, timbulnya suara njeduk yang berpotensi voice coil speaker terbakar dikarenakan lonjakan tegangan.

Fungsi Speaker Protector

Selain berguna sebagai menghilangkan suara jedug, speaker protector juga bisa berperan sebagai mengamankan speaker ketika turunnya tegangan listrik. Maka sebab itu. Dengan pemasangan speaker protector berguna untuk jenis sound system menengah sampai diatasnya.

Tepat dibagian komponen speaker protector, telah adanya Relay yang berguna untuk mengalirkan arus listrik yang bersumber dari output amplifier (saklar utama) dilanjutkan ke komponen lainnya. Relay pada speaker protector juga berfungsi sebagai mengendalikan aliran listrik (audio) supaya tegangannya sesuai tidak berlebihan yang mengakibatkan komponen speaker dapat rusak.

Itulah sedikit penjelasan mengenai fungsi dari speaker protector yang dipasangkan tepat dibagian output speaker dari power amplifier mono maupun stereo. Karena ada dua jenis tipe amplifier, makanya speaker protector juga menyesuaikan sesuai amplinya.

Pilihan Speaker Protector

Ada banyak sekali jenis speaker protector murah yang bisa didapatkan. Disini speaker protector yang bisa dicoba adalah dari nelc N-055 Relay asli yang dibandrol sekitar 30 ribuan saja.

Kelebihan dari speaker protector nelc-055 adalah kit sudah terdapat psu seperti dioda dan elco yang nantinya bisa kita hubungkan langsung ke transformator dengan input 15 V CT DC tanpa perlu membuat adaptor.

Maksimal watt amplifier yang bisa bekerja dengan baik antara amplifier ke speaker protector adalah maksimal bertegangan 500 watt dengan arus listrik maksimal 5A.

Pencegahan Tanpa Speaker Protector

Setelah beberapa pengamatan dari hasil percobaan, nampaknya tanpa memasang speaker protector juga bisa kok yakni hanya menghilangkan suara jedug. Percobaan yang tengah saya lakukan yakni dengan mengecilkan volume dan ingatlah selalu sewaktu menekan tombol power ON/ OFF.

Hasilnya nanti suara jedug dapat kita hilangkan dengan mudah tanpa perlu menambah komponen lagi bila hasil dari pembelian karena ruang penempatan untuk komponen baru lagi sudah tidak mencukupi.

Usahakan jumlah daya speaker lebih besar dari power amplifier misalnya total daya speaker total adalah 7600 watt sedangkan komponen amplifiernya adalah 5000 watt saja. Dengan penerapan hal ini juga bisa mengurangi kerusakan saja sedangkan suara jedug sesuai kerusakannya bisa kita perkecil.
Advertisement