Cara Menggabungkan 2 Power Amplifier

Sekarang sebagai gambaran artikel ini saya telah memiliki 2 buah amplifier yang akan saya operasikan secara bersamaan. Apakah bisa? tentu bisa kok, yakni dengan mempararelkan kabel input menjadi 2 bagian yang nantinya dihubungkan ke kedua buah amplifier agar bisa bersamaan saat memutar musik.

Akan tetapi, kaulitas audio ketika 1 input kita bagi menjadi 2, kualitas audio yang dikeluarkan sangatlah rendah sekali. Misalnya pada sebuah ponsel ketika sedang memainkan musik dengan volume maksimal, suara yang masuk ke tiap-tiap amplifier (2 ampli) tersebut hanya dihitung setengahnya per ampli.

Dari alasan itulah admin berpikiran untuk menangani masalah semacam ini. Untungnya, ada solusi terbaik yang bisa kita peroleh yakni suara audio yang kita hubungkan ke ampli tidak mengurangi kualitas suaranya. Bagaimana cara menggabungkan 2 power amplifier? selebihnya baca ini.

Beli Tone Control Stereo

Yang dimaksud dengan tone control stereo ini fungsinya adalah senagaja diciptakan untuk mengoperasikan 2 unit power amplifier secara bersamaan.

Tone control stereo saat ini yang bisa dicoba seperti Modul 2.1 ne5532 Stereo Tone Control yang bisa Anda beli dengan harga kisaran 50 ribuan saja. Oke

Lanjut kebagian perakitan biasanya Anda membutuhkan trafo 3 ampere sampai 5 saja hanya. Solder pada tegangan 12 Volt dan CT untuk mengambil (-) hubungkan langsung ke suply DC 12 V (+) dan CT ke (-) tone control ini.

Pasang Kabel Output Stereo

Ada 3 buah kabel yang berguna untuk memasang output stereo yakni persiapkan dulu 4 buah kabel atau boleh 1 X 2 panjang sekitar 20cm 2 buah.

Solder tepat dibagian L dan R untuk mengambil output (+) dan (-) untuk mengambil negatif nantinya semua output dari kabel min (-) solder ke bagian negatif (tengah).

Pasang Kabel Input

Agar bisa terhubung ke HP, Anda membutuhkan Jack audio HP yang bisa diperoleh dengan mudah. Langsung saja solder sesuai kutup positif dan negatif yang mengarah ke komponen tone control.

Uji Dengan Cek Sound

Sebelum melakukan hal ini, pastikan trafo sudah terhubung dengan listrik yakni CT dan tegangan 220 lalu hubungkan tone control ke HP lalu cobalah putar musik.

Penutup

Demikian apa yang dapat saya sampaikan lewat artikel ini. Agar tone control hasilnya rapi, bisa dibuatkan box dan pasang knop jangan lupa berikan petunjuk seperti Volume, Bass, Middle, Treble, dan banyak lagi.
Advertisement