Meniru Komponen Speaker Pasif

Sebelum membeli speaker pasif, ada beberapa perkenalan yang akan saya singgung pada pertemuan kali ini. Selain berupa speaker, nampaknya ada beberapa kelengkapan yang bisa mempengaruhi kualitas audio.

Seperti pada speaker pasif umumnya, sekarang kita akan mencoba meniru komponen speaker pasif tersebut dengan mudah. Terlebih dahulu persiapkan box speaker yang mirip seperti speaker pasif kemudian persiapkan beberapa komponen ini.

Box Speaker Pasif

Speaker pasif ini dirancang sederhana yang memiliki banyak kelebihan yang diciptakan praktis. Dengan daya sekitar 400 sampai 900 watt berukuran 12 inch sampai 15 inch, speaker pasif menggunakan terminal speakon dan jack speakon sebagai penghubung speaker ke komponen amplifier.

Daya speaker yang diperlukan sangatlah besar, membuat speaker pasif sanggup membunyikan suara yang begitu keras dengan kerusakan minimum seperti merek ashley.

Dengan stang stand yang menjadi ciri-ciri speaker pasif, membuat jenis speaker ini menjadi pengeras suara rumahan seperti hajatan, panggung mini, dan banyak lagi.

Kabel Speakon Yang Dibutuhkan

Untuk bisa memuat daya maksimal 900 watt, Anda membutuhkan kabel audio berukuran 2 x 1,5mm panjang 5 sampai 10 meter.

Jangan lupa jack yang diperlukan adalah jenis speakon. Jack ini nampaknya unggul untuk speaker berukuran raksasa bahkan bisa sampai subwoofer 18 inch.

Amplifier Yang Diperlukan

Dengan daya sekitar 400 watt sampai 900 watt Anda membutuhkan amplifier seperti megavox ma 502 yang berspesifikasi 500 watt x 2 stereo dengan impedansi 8 ohm sanggup dioperasikan rumahan daya 900,an.

Jika mau merakit ampli sendiri, dibutuhkan power ocl sekitar 800 watt untuk 1 sampai 2 speaker pasif supaya enak didengarkan.

Coba Meniru Speaker Pasif

Nampaknya mahal sekali speaker pasif bila kita beli. Kalau meniru box speaker pasif ini nampaknya bisa kok dengan speaker full range daya 200 watt sampai 350 watt berukuran 12 inch.

Selain berupa speaker, bisa juga kalian tambahkan twetter agar suara treble lebih mantap. Twetter yang bisa dipasang menyerupai acr 100 watt sampai 300 watt.

Suara yang dihasilkan dari percobaan meniru speaker pasif ini maksimal berjarak sekitar 100 m saja mungkin dari ini lebih dari cukup.
Advertisement