Cara Menggabungkan Ampli Stereo Jadi Mono

Hai all pada kesempatan kali ini, saya akan membahas cara menggabungkan amplifier stereo menjadi mono. Ampli stereo yang dimaksud dari artikel ini adalah amplifier yang mempunyai output L dan R apabila audio hanya mono dan diputar di amplifier stereo, suara audio vocal biasanya akan mengeluarkan suara mono bisa speaker L sedangkan R tidak ada suara vokalnya (bisa kebalikannya).

Maka sebab itu ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan admin mencoba untuk menulis artikel ini yang diperoleh dari berbagai sumber. Bagi yang mau coba bisa melanjutkan untuk menggabungkan ampli stereo jadi mono.

Beberapa Kelengkapan

Supaya proses perakitan output stereo jadi mono tidak terlalu sulit, Anda membutuhkan kit amplifier 5V stereo 3W X 3W yang bisa didapatkan di toko terdekat.

Sebagai hambatan agar output stereo bisa dihasilkan tanpa mengurangi kualitas suaranya, resistor yang dibutuhkan adalah 2 X resistor 100 ohm 3 watt.

Jangan lupa beli kabel secukupnya untuk merakit ampli stereo jadi mono. Kabel yang dibutuhkan adalah jenis serabut berukuran kecil bisa 2 x 0.5mm.

Cara Pemasangan

Solder output L dengan resistor 3 watt beserta output R demikian juga. Lalu gabungkan menjadi 1 antara resistor L dengan R. Hasilnya nanti speaker output stereo akan jadi mono. Untuk mengetahui hasilnya, Anda perlu memutar musik yang bersumber dari input power amplifier mini.

Tambahan

Bila suara bass kurang nendang, diperlukan tambahan elco 16V 470UF yang dipasang sebelum resistor pada output L dan R. Jadi elco yang dibutuhkan adalah 2 buah elco.

Peringatan

Sementara hanya untuk power amplifier mini saja. Jika menginginkan lebih besar dari ini, Anda perlu memodifikasi tepat dibagian output stereo L dan R serta komponen resistor hingga elco yang dibutuhkan bisa dirakit secara pararel seri.
Advertisement