Cara Menurunkan Impedansi Speaker

Kali ini kita akan mengulas impedansi sebuah speaker yang cukup populer itu. Saat browsing, admin tidak sengaja menemui keyword cara menurunkan impedansi speaker.

Dalam ilmu nyata nampaknya agak sedikit keberatan saat menurunkan impedansi speaker. Seperti mengurangi lilitan dari kumparan voice coil speaker nampaknya tidak juga menurunkan impedansi.

Kelebihan Impedansi Speaker Tinggi

Mengatasi pembelian speaker yang berlebihan, saat ini telah diterapkan impedansi yang fungsinya dapat meringankan apabila tidak bertumpuk banyak yakni dengan speaker berimpedansi tinggi.

Jadi sangat praktis apabila untuk speaker rumahan hingga hajatan mini yang bisa dicoba lebih lanjut untuk hari kedepannya.

Kelemahan Impedansi Speaker Tinggi

Nampaknya tidak cukup lengkap menjelaskan lebih lanjut akan impedansi. mengenai kelemahan dari impedansi speaker tinggi menurut saya sangat boros listrik.

Dikarenakan ketika dialiri listrik, bunyi speaker yang dihasilkan tidak sanggup berbunyi dengan baik karena hambatan (resistansi) ketika dialiri listrik jadi membutuhkan volume tinggi supaya bersuara baik.

Coba Ganti Voice Coil Speaker

Dengan mengganti voice coil speaker, berarti langkah ini menurut saya mudah untuk dilakukan. cukup cari impedansi voice coil speaker tepat dibawah sebelumnya misalnya 8 ohm ke 4 ohm.

Menurut saya yang mempengaruhi nilai impedansi pada voice coil adalah bahan kawat voice coil yang dihitung resistansinya dalam satuan ohm.

Pengaruh Impedansi Speaker Turun

Setelah sudah merubah impedansi speaker, perubahan yang terjadi ketika speaker dihubungkan ke amplifier, hasilnya suara yang dihasilkan sama. Tetapi perubahan dari menurunkan impedansi itu, sepertinya dapat memuat 2 speaker  yakni sekitar 4 ohm yang sebelumnya 8 ohm.

Jenis Speaker Impedansi Tinggi

Menurut saya speaker yang berspesifikasi besar rata-rata memiliki impedansi yang tinggi 4 - 8 ohm jadi perlu teliti sebelum membeli biasanya speaker jenis ini adalah subwoofer.

Harap beli yang lainnya jika boros listrik sebagai gantinya Anda boleh mencoba seperti speaker full range, wofer, dan banyak lagi.
Advertisement