Cara Menghitung Watt Speaker Paralel

Pernahkah kalian menjumpai sound system? menginginkan untuk membuatnya kita terlebih dulu harus tahu watt speaker. untuk mengetahui watt speaker, sepertinya langkahnya cukup mudah. Kita perlu mengecek pada dusbook speaker yang dibeli atau terletak pada bagian belakangnya.

Setelah sudah mengetahui watt speaker, sekarang boleh meneruskan ke cara menghitung watt speaker paralel. Kurang paham apa yang dimaksud dengan watt speaker paralel? adalah penggabungan beberapa speaker lebih dari 1 dengan menyambungkan kabel positif (+) ke (+) dan negatif (-) ke (-).

Contoh Menghitung Watt Speaker Paralel

Sebagai gambaran kali ini saya mempunyai 8 buah speaker 200 watt. ketika speaker diparalelkan, maka rumus penghitungan ini mudah cukup 8 X 200 watt hasilnya 1600 watt.

Hasil akhir sudah diketahui sekitar 1600 watt sekarang Anda membutuhkan power amplifier 1600 watt juga. Perhatikan nilai impedansi dan rms yang terletak pada bagian speaker dan amplifier.

Apabila impedansi speaker 8 ohm, berarti Anda membutuhkan amplifier rms 8 ohm untuk menghasilkan suara yang maksimal.

Daya Yang Dibutuhkan Speaker Impedance

Nampaknya beda khususnya pada speaker berimpedansi. Jika kalian membutuhkan 8 speaker untuk amplifier 1600 watt, dengan speaker impedance anda mungkin hanya butuh 2 sampai 4 speaker saja dengan spesifikasi impedance 8 ohm.

Bila menginginkan 8 speaker impedance 8 ohm maka amplifier yang digunakan bisa sampai maksimal 12800 watt dengan rumus watt speaker X impedance X jumlah speaker = hasilnya.

Contoh penjumlahan: 200 watt X 8 ohm X 8 (jumlah speaker = 12800 watt

Hal itu tentunya belum termasuk rms power amplifier yang bisa mngurangi watt speaker misalnya untuk amplifier btl 5000 watt rms 2 ohm dengan trafo 10 ampere.
Advertisement