Perbedaan Ampli Mono dan Stereo

Selamat datang di KitPowerAmplifier. Dalam artikel ini saya akan memperkenalkan pengertian dari apa yang dimaksud dengan amplifier mono dan stereo itu? seperti yang sudah ada bahwa ampli mono adalah hanya mengeluarkan gelombang suara output tunggal.

Sedangkan ampli stereo adalah sebuah power amplifier yang sengaja dirancang untuk speaker rumahan bahkan lebih besar yang berarti bahwa gelombang suara yang dihasilkan dari ampli stereo ini akan terbagi menjadi 2 bagian output yakni L (left) dan R (right).

Seperti nilai penggunaan selama terjun didunia audio, admin menemui banyak sekali keuntungan hingga kelemahan yang bisa Anda dapati setelah memiliki salah satu bahkan kedua ampli mono ataupun stereo yang bisa didapatkan dengan mudah di toko elektronik terdekat.

Perbedaan Suara

Suara dari ampli mono sepertinya lebih bagus sehingga bila menginginkan untuk audio TV, DVD, PC, khususnya rumahan, mendingan beli ampli mono saja atau yang sudah jadi.

Sedangkan suara ampli stereo karena lebih dari 1 speaker yang dipakai yakni 2 buah speaker yang nantinya kita pasangkan ke output ampli L dan R maka agak sedikit kurang bagus bila kita keraskan. Cenderung akan berpihak ke suara bass bila hasilnya nanti kurang bagus.

Bilamana mendapati kedua ampli yang sudah sedikit saya jelaskan maka sebelum merakit komponen power amplifier sendiri alangkah baiknya menguasai terlebih dulu. Selebihnya bisa tonton video di Youtube yang cukup banyak membahas seputar amplifier rakitan.

Kelebihan Box

Biasanya ampli mono dikemas dalam menjadi 1 berupa komponen amplifier beserta speakernya. Sehingga jauh lebih praktis bila menginginkan dibawa kemana-mana oke.

Lain halnya dengan ampli stereo yakni biasanya kita membutuhkan beberapa komponen tambahan seperti 2 buah box speaker bahkan bisa jadi lebih besar lagi beserta speakernya yang nantinya diletakkan berdampingan atau berlawanan sesuai kebutuhan audio yang diperlukan.
Advertisement